Pemda Maluku dan Bank Mandiri Ikut Investment Day di Jakarta

Pemda Maluku dan Bank Mandiri Ikut Investment Day di Jakarta

Ambon, TS Dipastikan, pada awal April depan di Jakarta, Bank Mandiri akan mempertmukan korporasi-korporasi besar dengan pemangku kepentingan di Maluku dan Maluku Utara dalam acara Maluku Investment Day untuk penjajakan investasi di kedua provinsi tersebut. Tujuannya, untuk mengoptimalkan potensi ekonomi di kedua provinsi tersebut, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan di dua wilayah itu.

Kepala Ekonom PT.Bank Mandiri Mirza Adityaswara pada saat, konprensi pers, Kamis (18/3) mengatakan, pertemuan ini sangat penting untuk menciptakan sinergi antara korporasi sebagai investor dengan pemerintah dan perbankan untuk menghilangkan hambatan-hambatan berinvestasi di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Sebelumnya di bulan Oktober 2009, Bank Mandiri juga telah mengadakan kegiatan serupa untuk Provinsi Papua dan Papua Barat. Dalam kegiatan tersebut beberapa investor berminat melakukan investasi pada bidang perkebunan di Papua dan Papua Barat, antara lain Sinarmas Group, Wings Group, Sampoerna, Agro, Medco Agro, Wilmar, Sungai Budi, BEST, Harita, Union Sampoerna Triputra dan Bangun Cipta, Teladan Resources, Taniti Group dan investor-investor lainnya.

“Ya, Provinsi Maluku dan Maluku Utara, memiliki banyak potensi di beberapa sektor seperti perikanan, pariwisata, dan pertambangan dan realisasi yang rendah di tengah tingginya potensi ekonomi di kedua Provinsi tersebur disebabkan beberapa hambatan, seperti kondisi geografis dan sebagian besar kondisi infrastruktur, khususnya jalan, pemukiman, listrik, dan transportasi masih belum memadai untuk mendukung aktivitas bisnis serta kehidupan sehari-hari,” ungkap Mirza Adityaswara.

Selain itu, lanjutnya hambatan lainnya, adalah terkait dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus ditingkatkan, supaya masyarakat dapat berperan aktif sebagai pelaku pembangunan. Faktor ini, perlu pengelolaan stabilitas lingkungan dan keamanan yang kondusif untuk menggerakan investasi.

Bank Mandiri melihat Pemerintah Daerah di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara menunjukan keinginan kuat dalam membangun wilayahnya dengan lebih baik untuk menciptakan iklim kepastian usaha dan berinvestasi dalam jangka panjang.

“Perlu kemitraan pemerintah dan swasta untuk memfasilitasi kegiatan perekonomian sehingga potensi kedua Provinsi ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan nasional. Bank Mandiri, berkomitmen untuk membantu memfasilitasi pembiayaan pembangunan yang berkelanjutan di kawasan tersebut,” kata Mirza Adityaswara. [T3S]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: